Rabu, 19 Oktober 2011

Aku adalah ibu..

Banyak yang bertanya padaku tentang peranku sebagai ibu. Bagaimana aku memandang diriku dalam peranku sebagai ibu. Apa yang aku harapkan anakku akan lakukan di hari tuaku nanti. Ibuku pun sering berkata bahwa aku akan lebih memahami apa yang dilakukannya saat nanti aku sudah menjadi seorang ibu.

Kini aku seorang ibu, dari dua anak yang sangat aku sayangi dan aku banggakan tapi tetap, aku tak paham bagaimana seorang ibu bisa melakukan tugasnya dengan harapan anaknya akan membalas budi dan melayaninya di hari tuanya nanti. Bagiku hidupku adalah pengabdian.

Dalam urusanku dengan kedua anakku, bagiku aku lah yang berutang budi pada mereka. Berkat merekalah peluangku menuju surga diperbesar. Berkat melahirkan mereka, aku diberi peluang untuk mencium wangi surga saat kumati. Bila aku berhasil membesarkan mereka menjadi manusia berguna, maka wangi budi mereka akan menghantarkanku ke gerbang keindahan.

Bagiku semua yang kulakukan adalah karena aku.. Karena aku merindukan kasih sayang Allah SWT. Karena aku merindukan surga, merindukan keindahan itu. Jika itu yang jadi niatku, apakah pantas aku menuntut balas budi mereka?

Mereka adalah bukti cinta Allah padaku, mereka adalah anugerah yang tiada henti aku syukuri. Apakah kemudian aku menuntut anugerah itu membalas jasaku? Karena mereka adalah kebaikan maka aku menghargai dan menghormati kedua anakku dengan sepenuh-penuhnya penghargaan. Aku memandang mereka dengan penuh kasih dan kebanggaan.

Aku mencintai mereka dengan segala daya dan upayaku. Kebahagiaan mereka yang utama, keberadaan mereka yang terpenting. Aku tidak membesarkan mereka untuk tabungan hidupku di hari tua tapi untuk tabunganku di hari matiku nanti. Sangat sayang jika semua keindahan itu aku habiskan di dunia. Aku tidak melihat mereka sebagai investasi hari tua tapi investasi di kematianku.

Bagiku, selama senyum mereka masih terkembang, selama mata mereka memancarkan cinta, maka itulah senyuman dan cinta Allah padaku. 

Bagiku hidupku adalah pengabdian.. Menjadi ibu adalah pengabdian terbesar dan teragung.. dan tak ingin kunodai keagungannya dengan nila kenikmatan dunia di hari tua. Aku menghargai dan mencintai mereka karena mereka sumber surgaku..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar